Mie Ongklok; Mie Istimewa dari Wonosobo

Mie Ongklok; Mie Istimewa dari Wonosobo

Mie Ongklok merupakan kuliner khas Wonosobo dan cuma ada di Wonosobo. Bisa dibilang rugi jika berkunjung ke Wonosobo tanpa menikmati mie khas Wonosobo ini.
 Mienya sih seperti layaknya olahan mie lain, menggunakan mie kuning. Yang membedakan adalah campurannya. Kalau olahan mie lain biasa menggunakan tauge atau sawi sebagai campurannya, Mie Ongklok mencampur kubis dan kucai sebagai sayurannya. Mie dan potongan sayuran ditata sedemikian rupa sehingga membentuk kerucut lalu diguyur kuah kental. Nah, kuah inilah yang membuat Mie Ongklok terasa istimewa, lezat membuai lidah.


Kuah istimewa mie ongklok terbuat dari campuran saripati singkong, gula merah dan udang kering, yang disempurnakan dengan bumbu kacang, juga taburan lada dan bawang goreng. Cara membuat Mie Ongklok juga sangat unik. Mie beserta sayuran dimasukkan ke dalam wadah saringan bambu, lalu dicelup-celupkan ke dalam air mendidih. Setelah itu, baru ditaruh di mangkok, dan diberi kuah Mie Ongklok yang istimewa.
Saat menyantap Mie Ongklok, konon akan lebih nikmat jika ditemani sate sapi sebagai lauknya. Karena tekstur daging sate sapi adalah yang paling pas untuk menemani menyantap Mie Ongklok. Begitu juga dengan sambal untuk mie Ongklok juga cukup unik. Mie Ongklok cukup menggunakan cabe rawit yang dihaluskan tanpa tambahan bumbu lain untuk sambalnya. Dan jika masih kurang pedas, bisa ditambah dengan 'nyeplus' cabe rawit dibsela-sela menyantap Mie Ongklok.
Jangan sampai merugi jika singgah di kota Wonosobo tanpa mencicipi Mie Ongklok. Dijamin, bagi yang sudah pernah merasakan nikmatnya Mie Ongklok, akan merindukan makan Mie Ongklok di tengah dinginnya udara kota Wonosobo.
---------------------------------------
Ingin tahu lebih banyak lagi seputar wisata dan kuliner di karesidenan Kedu? Ikuti terus fan page Wisata Kedu! Dijamin keren!
Salam hangat dari tanah Kedu

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Featured Post

Taraveela, Bisnis Besar dari Purworejo

Taraveela, Bisnis Besar dari Purworejo Taraveela adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Travel & Tour. Yang melayani pemb...