Alun-alun Terluas di Jawa Tengah

Alun-alun Terluas di Jawa Tengah
Pada jaman dahulu, alun-alun adalah simbol kejayaan sebuah wilayah, baik itu kerajaan, kadipaten ataupun kabupaten. Alun-alun Purworejo merupakan alun-alun kabupaten lama yang cukup luas. Bahkan, yang terluas di Jawa Tengah. Luas alun-alun Purworejo enam hektar atau 60.000 meter persegi dengan bentuk segi empat. Baik panjang maupun lebar ukuranya hampir sama.



Ciri khas pola tata kota Jawa Kuno selalu dengan jantung kota berupa sebuah alun-alun dan ditengahnya berdiri pohon beringin. Di tengah alun-alun Purworejo terdapat sepasang pohon beringin yang didatangkan dari Kraton Yogyakarta.
Alun-alun Purworejo dikelilingi oleh bangunan-bangunan penting semasa pemerintahan R. Cokronegoro I (bupati pertama Purworejo). Pendopo Kabupaten Purworejo berada di sebelah utara alun-alun menghadap selatan. Di sebelah selatan alun-alun ada Kantor Karesidenan bagelen yang kini menjadi Kantor Setda Purworejo. Sebelah barat alun-alun terdapat Masjid Agung Darul Muttaqin. Yang di dalam masjid tersebut terdapat Bedug Pendowo, bedug terbesar di dunia. Sementara sisi timur berdiri bangunan Gereja. Semua itu merupakan banguan penting yang sudah disusun sedemikian rupa oleh R. Cokronegoro I sebagai bupati pertama Purworejo.
Pada alun-alun sebelah utara terdapat dua bangunan kecil yang berfungsi sebagai tempat beristirahat bagi orang yang ingin menghadap bupati. Sekarang bangunan sebelah barat digunakan sebagai kantor KNPI dan sebelah timur untuk kantor KONI.
Tata kota Purworejo ini adalah pola tata Jawa Kuno. Sejak awal berdirinya Kabupaten Purworejo sampai sekarang, pola tata kotanya tidak mengalami perubahan. Pola tersebut mempunyai kekhususan yang sampai sekarang sulit dicari bandingannya. Semua tata letak bangunan semetris. Dan hingga sekarang bangunan-bangunan tersebut masih tegak berdiri dan difungsikan dengan baik.
Masih banyak peninggalan tata kota Purworejo kuno yang hingga kini masih terawat dan difungsikan dengan baik. Bangunan-bangunan yang kebanyakan peninggalan pemerintahan Belanda dengan arsitek khas Belandanya, tersebar di berbagai sudut kota Purworejo. Tentang bangunan-bangunan lain akan kita bahas di lain kesempatan di fan page Wisata Kedu ini.
Ayo berwisata ke daerah karesidenan Kedu! Wonosobo yang asri, Temanggung yang selalu bersenyum, Magelang dengan sejuta bunganya, Kebumen yang selalu beriman, dan Purworejo yang tetap berirama.
---------------------------------------
Ingin tahu lebih banyak lagi seputar wisata dan kuliner di karesidenan Kedu? Ikuti terus fan page Wisata Kedu! Dijamin keren!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Featured Post

Taraveela, Bisnis Besar dari Purworejo

Taraveela, Bisnis Besar dari Purworejo Taraveela adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Travel & Tour. Yang melayani pemb...