Arca Emas dari Purworejo



Arca Emas dari Purworejo









Goa Seplawan adalah Goa alami yang terletak di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Goa Seplawan ini berada di ketinggian sekitar 700 mdpl. Goa ini terletak di pegunungan Menoreh yang membentang dari kecamatan Bagelen Purworrejo hingga kabupaten Magelangepatnya berada di desa Donorejo kecamatan Kaligesing, kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Selain menawarkan keindahan pesona alam bawah tanah, Goa Seplawan juga pemandangan alam pegunungan sejuk nan indah.
Memasuki kawasan wisata Goa Seplawan, hawa sejuk begitu terasa. Lokasi goa seplawan berada tak jauh dari area parkir, pengunjung cukup berjalan sebentar untuk menuju mulut goa. Sebelum memasuki Goa Seplawan, pengunjung akan disambut oleh patung besar replika arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Pada tahun 1979, bersamaan ditemukannya goa Seplawan kala itu, ditemukan pula sepasang arca atau patung emas. Kemudian berdasarkan identifikasi ahli sejarah arca tersebut merupakan patung Dewa Siwa dan Parwati. Saat ini patung tersebut disimpan di museum Nasional Jakarta dan sebagai tanda ditemukan benda bersejarah maka dibuat patung replika. Arca emas yang ditemukan di Goa Seplawan memiliki kadar emas 22 karat, dengan ukutan tinggi 9 cm dan berat 2,5 kg. Arca tersebut ditemukan pada 15 Agustus 1979  di salah satu sudut goa Seplawan.
Goa Seplawan mempunyai panjang kurang lebih sekitar 500 Meter. sedangkan cabang-cabang goa sekitar 150-300 meter. Sedangkan jalur yang khusus untuk para pengunjung sudah ada penerangan lampu sedangkan untuk cabang-cabang goa tidak dipasang lampu karena kondisinya yang berlumpur.
Lokasi obyek wisata Goa Seplawan sangat mudah di capai karena Akses jalan untuk kendaraan roda empat bisa mencapai lokasi dengan mudah. Dan juga sudah dilengkapi dengan fasilitas sarana dan prasana seperti tempat parkir kendaran, kamar mandi/WC, Mushola kecil yang sederhana, Gashebo, Gardu Pandang, Aula untuk Pementasan / Pertemuan dan juga ada taman-taman bunga yang indah.

Selain keindahan goa alam sendiri, pemandangan alam di kawasan juga sangat indah. Anda bisa melihat kota Jogja dari gardu pandang goa seplawan. Dari gardu Pandang bisa juga melihat waduk Sermo yang terletak di Kulonprogo. Bahkan jika naik kepuncak sisi kanan dari gardu Pandang, jika cuaca cerah  bisa menyaksikan 5 gunung sekaligus yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Slamet, gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Namun pemandangan 5 gunung ini kemungkinan akan terlihat lebih jelas dan indah saat matahari baru terbit.
Saat ini segmen pengunjung masih didominasi dari kalangan muda dan wisatawan domestik namun tak jarang juga mendapat kunjungan beberapa wisatawan manca negara,  walaupun saat ini lokasi Goa Seplawan memang belum memiliki penginapan,  jadi untuk sementara masih jarang yang menginap di sekitar Goa Seplawan kecuali yang berkemah disana.

Tidak sedikit orang yang datang ke Goa Seplawan untuk melakukan ritual Spiritual dengan melakukan meditasi di sana, seperti yang dituturkan bapak Ngudiyo ( mantan Lurah Donorejo ) bahwa sering sekali menerima tamu wisata yang memiliki hajat untuk melakukan Meditasi di lokasi Goa Seplawan.

Jangan percaya begitu saja dengan keindahan di sekitar goa Seplawan. Datang sendiri dan buktikan keindahan alam di sekitar Goa Seplawan.

Ayo berwisata ke daerah karesidenan Kedu! Wonosobo yang asri, Temanggung yang selalu bersenyum, Magelang dengan sejuta bunganya, Kebumen yang selalu beriman, dan Purworejo yang tetap berirama.
Disarikan dari pelbagai sumber
photo by: google
---------------------------------------
Ingin tahu lebih banyak lagi seputar wisata dan kuliner di karesidenan Kedu? Ikuti terus fan page Wisata Kedu! Dijamin keren!


Baca juga:









Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Featured Post

Taraveela, Bisnis Besar dari Purworejo

Taraveela, Bisnis Besar dari Purworejo Taraveela adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Travel & Tour. Yang melayani pemb...